
HANDLING CUSTOMER COMPLAINT
Memahami Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) memiliki arti penting terhadap perkembangan perusahaan. Oleh karena itu untuk sadar akan perannya sebagai ujung tombak perusahaan sangatlah diperlukan sehingga dapat lebih bertanggung jawab terhadap peningkatan mutu pelayanan. (Handling Customer Complaint)
Untuk itu, para front-liners ataupun mereka yang berperan sebagai ujung tombak untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, memerlukan keterampilan dalam menerapkan tehnik-tehnik interaksi dan komunikasi efektif dalam proses memberi pelayanan kepada pelanggan, termasuk tehnik menangani keluhan (Customer Complaint).(Handling Customer Complaint)
Tujuan dan Manfaat Pelatihan
Siapa yang harus ikut pelatihan?
Jadwal Terdekat:
19 Mei 2025 - 20 Mei 2025
Materi Pelatihan
1.
Menelusuri Data Statistik tentang
kepuasan pelanggan.
2.
Pengertian dari kata “Customer”
(Pelanggan)
3.
Bagaimana membentuk paradigma
“melayani”
4.
Pengertian Kepuasan Pelanggan
(Customer Satisfaction)
5.
Pengertian Harapan Pelanggan
(Customer Expectations)
6.
Hal-hal mendasar yang menjadi
harapan pelanggan
7.
Bukan “Company Driven” tapi
“Customers Driven”
8.
Pemanfaatan Sumber Daya dalam
memberi kepuasan kepada pelanggan
9.
Hubungan antara Organisasi,
System, Sarana serta Faktor Manusia terhadap mutu pelayanan
10. Contoh
kombinasi aspek System dan aspek Sarana dalam proses memberi pelayanan
11. Contoh
kombinasi aspek Sytem dan aspek Manusia dalam proses memberi pelayanan
12. Proses
merancang Organisasi dan System Kerja dalam memenuhi Harapan Pelanggan
13. Proses
menyiapkan Manusia dan Sarana Kerja dalam memenuhi Harapan Pelanggan
14. Peran
faktor Manusia dalam proses Interaksi & Komunkasi
15. Prinsip
Dasar Komunikasi Efektif
16. Mengenal
Sifat Dasar Manusia dalam berkomuniasi,sebagai dasar dalam memberi pelayanan
17. Pengertian
“Personalized Service”
18. Peran
aspek Manusia dalam mengantisipasi ketidakpuasan dan keluhan (complaint)
19. Pengertian
“Moment Of Truth” dan hubungannya dengan : Mouth To Mouth Promotion”
20. Harapan
pelanggan terhadap aspek Manusia dalam memberi pelayanan
21. Bagaimana
harus bersikap dalam memberi pelayanana kepada pelanggan
22. Contoh
kalimat yang digunakan dalam memberi pelayanan kepada pelanggan
23. Data
statistik tentang mengapa pelanggan lari
24. Penggunaan
“LAER Process” dalam menangani complaint
25. Pengertian
“Mendengar Aktif”
26. Tehnik
menyatakan sikap “Empathy” terhadap kekecewaan pelanggan
27. Mengenal
Jenis Pertanyaan serta tehnik Megajukan Pertanyaan dalam menggali akar
masalah.(Handling Customer Complaint)
28. Bagaimana
melakukan respons dengan saran jalan keluar yang memuaskan pelanggan.(Handling
Customer Complaint)
29. Tindak
lanjut dan Cek Pelaksanaan sebagai kunci keberhasilan ‘Handling
Complaint”.(Handling Customer Complaint)
Biaya Investasi
ONLINE
Durasi Pelatihan 2 Hari
Rp 3.750.000
Soft Copy Materi (Dikirim By Email) Seminar Kits (ATK) & Sertifikat Kehadiran (Dikirim Via JNE)
Daftar SekarangIN-CLASS
Durasi Pelatihan 2 Hari
Rp 5.000.000
Seminar Kits ( Handcopy Materi + ATK + Souvenir) Makan Siang Coffee Break Sertifikat
Daftar SekarangJadwal Lainnya:
11 Jun 2025 - 12 Jun 2025
09 Jul 2025 - 10 Jul 2025
13 Ags 2025 - 14 Ags 2025
10 Sep 2025 - 11 Sep 2025
13 Okt 2025 - 13 Okt 2025
12 Nov 2025 - 13 Nov 2025
10 Des 2025 - 11 Des 2025
Mengapa Harus Training Bersama Kami?
Keunggulan MKI Training
Mereka yang telah bekerja sama dengan kami
Klien MKI Training
Testimoni
Mari Bertumbuh Bersama MKI Training
Ambil kesempatan baik ini untuk dapatkan solusi efektif pengembangan kualifikasi skill Anda