cover

HANDLING CUSTOMER COMPLAINT

Training Handling Customer Complaint ini akan memberikan anda keterampilan dalam menerapkan tehnik-tehnik interaksi dan komunikasi efektif dalam proses memberi pelayanan kepada pelanggan, termasuk tehnik menangani keluhan (Customer Complaint) dan hal – hal lainnya terkait Handling Customer Complaint
Memahami Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) memiliki arti penting terhadap perkembangan perusahaan. Oleh karena itu untuk sadar akan perannya sebagai ujung tombak perusahaan sangatlah diperlukan sehingga dapat lebih bertanggung jawab terhadap peningkatan mutu pelayanan. (Handling Customer Complaint)
Untuk itu, para front-liners ataupun mereka yang berperan sebagai ujung tombak untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, memerlukan keterampilan dalam menerapkan tehnik-tehnik interaksi dan komunikasi efektif dalam proses memberi pelayanan kepada pelanggan, termasuk tehnik menangani keluhan (Customer Complaint).(Handling Customer Complaint)

Tujuan dan Manfaat Pelatihan

Siapa yang harus ikut pelatihan?

Jadwal Terdekat:

19 Mei 2025 - 20 Mei 2025

Materi Pelatihan

1.      Menelusuri Data Statistik tentang kepuasan pelanggan.

2.      Pengertian dari kata “Customer” (Pelanggan)

3.      Bagaimana membentuk paradigma “melayani”

4.      Pengertian Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction)

5.      Pengertian Harapan Pelanggan (Customer Expectations)

6.      Hal-hal mendasar yang menjadi harapan pelanggan

7.      Bukan  “Company Driven” tapi “Customers Driven”

8.      Pemanfaatan Sumber Daya dalam memberi kepuasan kepada pelanggan

9.      Hubungan antara Organisasi, System, Sarana serta Faktor Manusia terhadap mutu pelayanan

10.  Contoh kombinasi aspek System dan aspek Sarana dalam proses memberi pelayanan

11.  Contoh kombinasi aspek Sytem dan aspek Manusia dalam proses memberi pelayanan

12.  Proses merancang Organisasi dan System Kerja dalam memenuhi Harapan Pelanggan

13.  Proses menyiapkan Manusia dan Sarana Kerja dalam  memenuhi Harapan Pelanggan

14.  Peran faktor Manusia dalam proses Interaksi & Komunkasi

15.  Prinsip Dasar Komunikasi Efektif

16.  Mengenal Sifat Dasar Manusia dalam berkomuniasi,sebagai dasar dalam memberi pelayanan

17.  Pengertian “Personalized Service”

18.  Peran aspek Manusia dalam mengantisipasi ketidakpuasan dan keluhan (complaint)

19.  Pengertian  “Moment Of Truth” dan hubungannya dengan : Mouth To Mouth Promotion”

20.  Harapan pelanggan terhadap aspek Manusia dalam memberi pelayanan

21.  Bagaimana harus bersikap dalam memberi pelayanana kepada pelanggan

22.  Contoh kalimat yang digunakan dalam memberi pelayanan kepada pelanggan

23.  Data statistik tentang mengapa pelanggan lari

24.  Penggunaan “LAER Process” dalam menangani complaint

25.  Pengertian “Mendengar Aktif”

26.  Tehnik menyatakan sikap “Empathy”  terhadap kekecewaan pelanggan

27.  Mengenal Jenis Pertanyaan serta tehnik Megajukan Pertanyaan dalam menggali akar masalah.(Handling Customer Complaint)

28.  Bagaimana melakukan respons dengan saran jalan keluar yang memuaskan pelanggan.(Handling Customer Complaint)

29.  Tindak lanjut dan Cek Pelaksanaan sebagai kunci keberhasilan ‘Handling Complaint”.(Handling Customer Complaint)

Biaya Investasi

ONLINE

Durasi Pelatihan 2 Hari

Rp 3.750.000

Soft Copy Materi (Dikirim By Email) Seminar Kits (ATK) & Sertifikat Kehadiran (Dikirim Via JNE)

Daftar Sekarang

IN-CLASS

Durasi Pelatihan 2 Hari

Rp 5.000.000

Seminar Kits ( Handcopy Materi + ATK + Souvenir) Makan Siang Coffee Break Sertifikat

Daftar Sekarang

Jadwal Lainnya:

11 Jun 2025 - 12 Jun 2025
09 Jul 2025 - 10 Jul 2025
13 Ags 2025 - 14 Ags 2025
10 Sep 2025 - 11 Sep 2025
13 Okt 2025 - 13 Okt 2025
12 Nov 2025 - 13 Nov 2025
10 Des 2025 - 11 Des 2025

Mereka yang telah bekerja sama dengan kami

Klien MKI Training

Testimoni

Daniel Saud Fernando

PT. New Priok Container Terminal One (NPCT1)

"Materi yang disampaikan sangat memenuhi kebutuhan saya, terutama karena trainernya sangat berpengalaman di bidang HR. Penjelasan sangat jelas dan aplikatif, sehingga ilmu yang saya dapatkan benar-benar bermanfaat untuk saya pribadi. Setelah selesai dari training ini, saya merasa siap untuk menerapkan semua yang telah dipelajari di perusahaan saya. Training ini sangat membantu saya dalam memahami HR dengan lebih mendalam dan praktis"

Reni Novella

PT Global Service Wisata

"Mengikuti pelatihan di MKI Training ini benar-benar luar biasa dan memberikan banyak pencerahan yang sangat bermanfaat. Materi yang disampaikan tidak hanya informatif, tetapi juga mudah dipahami dan langsung dapat diaplikasikan dalam pekerjaan saya sehari-hari. Saya merasa lebih percaya diri dalam menjalankan tugas-tugas di job desk saya karena pengetahuan baru yang didadapatkan. Selain itu, instruktur juga sangat berpengalaman, memberikan contoh-contoh nyata yang membantu saya memahami konsep lebih dalam"

Thaufik Samdani

PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia

"Saya mengikuti training 2 hari tentang accounting & finance, dan saya sangat puas. Materinya sangat bagus dan memberikan refreshment penting tentang akuntansi dan keuangan. Pematerinya juga seru & interaktif, sehingga suasana menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Saya merasa lebih siap untuk menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan sehari-hari. Sangat direkomendasikan"

Mari Bertumbuh Bersama MKI Training

Ambil kesempatan baik ini untuk dapatkan solusi efektif pengembangan kualifikasi skill Anda

Whatsapp